Masalah Flash Player di Linux


Masalah Plugin Flash

Beberapa waktu lalu saya mengalami masalah. Saya menginstal Ubuntu LucidLynx 64-bit di komputer saya. Ketika si Penguin sudah terinstal dengan baik, saya lanjut mengupdate system, kernel dan software-software yang ada, dan menginstal plugin-plugin yang harus dipenuhi, misalnya audio dan video. Masalahnya ketika saya menginstal flashplayer, tiba-tiba mati lampu. Nah, tau sendiri kan kalo mati lampu tanpa UPS. Pastinya mati tuh kompi. Itu dalam keadaan setengah jalan menginstal flash, swf, dll yang dibutuhkan oleh Firefox.

Setelah listrik menyala lagi, saya melanjutkan penginstalan plugin-plugin yang belum selesai itu. Biasalah pasti ada muncul warning ketika menginstal, itu tuh dpkg. Ketik ajah sudo dpkg –configure -a di terminal. Nah setelah instalasi plugin’a beres semua, baru deh kunjungan ke YOUTUBE dan pilih-pilih video. Dan ternyata tidak bisa diplay, ada tulisan an error occured, Try again later, kalo ga salah sih hHe. Tapi nggak ada tool Install missing plugins di firefox. Berarti ini sudah terinstal tapi tidak bekerja dengan baik. Okelah kalo begitu (sambil sedih ga bisa liat Green Day & AVA di Youtube) T_T.

Atasi dengan BISMILLAH, gini nih solusinya :

  • Uninstall dulu plugin-plugin yang tadi dengan perintah sudo apt-get remove flashplugin-installer, lalu sudo apt-get remove gnash-common, lalu sudo apt-get remove mozilla-plugin-gnash, terakhir sudo apt-get remove swfdec-mozilla
  • Restart ajah dulu
  • Setelah kompi direstart, buka Youtube di firefox, cari video. Nah, kan langsung ada tool Install missing plugins, klik ajah terus install
  • Beres deh .., dengan begini, sekarang udah bisa play video di youtube 🙂

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian, terima kasih ..

Wassalamu’alaikum


Aziz Prastyo Wibowo

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s