Pagefile.sys di Windows 7


Kali ini saya akan membahas mengenai file pagefile.sys yang rese. Awalnya komputer saya hanya menggunakan DDR3 2GB PC10600, lalu saya bersihkan komponennya setelah itu menambah DDR3 1GB PC10600. Karena saya akan mencoba Dual-Channel. Setelah semua beres dan dinyalakan kembali, konfigurasi RAM Dual-Channel berhasil dengan DDR3 3072MB.

Semenjak saat itu ketika saya menyimpan file atau folder di drive D:\ tidak tersimpan. Padahal hak akses DeepFreeze saya hanya pada drive C:\. Tetapi kenapa yah kalo nyimpen di drive D:\ malah nggak bisa. Begitu direstart, hilang lagi, hilang lagi. Jengkel!!!.

Ada yang aneh, Drive D:\ saya space’a berkurang. Kebetulan saya pake Linux juga, langsung lah saya lihat semuanya di Linux. Ternyata pada drive D:\ ada pagefile.sys yang besarnya 3GB. Padahal sebelumnya file ini berada pada Drive C:\ yang hanya sebesar 2GB. Ternyata file ini mengadaptasi dari RAM yang dipakai. Sebelumnya 2GB sekarang menjadi 3GB. Pagefile digunakan untuk membantu RAM dengan berperan sebagai virtual memory.

Muncul pertanyaan, kenapa pagefile.sys pindah ke drive D:\ ? Ternyata free space di Drive C:\ tidak cukup untuk menampung pagefile.sys yang besarnya 3GB. Lalu saya Uninstall beberapa s/w yang saya pikir tidak perlu atau jarang dipakai, namun saya tidak lupa untuk menunfreeze system terlebih dahulu [Thawed]. Alhasil, free spacenya menjadi lumayan banyak, bisa untuk menampung pagefile.sys yang lumayan rakus memory.

Langkah selanjutnya adalah memindahkan pagefile.sys ke drive C:\. Eiiits!!!, nggak sembarangan pindahin ajah. Emang sih bisa dipindahin ajah langsung lewat Linux tapi tetep ajah si WinSUCKSnya nggak mau. Biarpun udah dipindahin di Drive C:\ lewat Linux tapi begitu reboot ke WinSUCKS tetap saja pagefile.sys berada di Drive D:\. Bahkan saya juga pernah mengganti Drive Letter and Paths… dengan cara klik kanan==>Properties==>Manage==>Disk Management==>Pilih drive D:\, Klik kanan==>Change Drive Letter and Paths…==>Change, tetap saja tidak bisa. Ternyata status drive D:\ pada kotak dialog Computer Management menunjukkan Page File. Ini nih biang keroknya. Untuk menghadapi hal ini, silakan ikuti langkah saya :

  1. Masuk WinSUCKS dulu, kemudian klik kanan Computer lalu pilih Properties [klik Advanced system settings, khusus WinSUCKS 7 dan Vista];
  2. Setelah muncul kotak dialog System Properties [Tab Advenced], pilih Settings… pada bagian Performance;
  3. Setelah muncul kotak dialog Performance Options, pilih tab Advanced, klik Change pada bagian Virtual memory;
  4. Uncheck teks Automatically manage paging file size for all drives;
  5. Pilih drive D:\, lalu klik pilihan No paging file, lalu klik tombol Set;
  6. Pilih drive C:\ dimana akan diletakkan pagefile.sys, lalu klik Custom size:;
  7. Isi Initial size (MB): dengan 2048, atau terserah kalian;
  8. Isi juga Maximum size (MB): dengan 3072, atau terserah kalian juga;
  9. Klik tombol Set, OK, OK, OK dan restart.

Dengan melakukan hal di atas, pagefile.sys berada pada drive C:\ dengan ukuran 2GB. Pada drive D:\, free space saya bertambah dan pada drive C:\, free space berkurang karena adanya pagefile.sys.

Cukup sekian solusi dari masalah saya, semoga bermanfaat bagi kalian. Mohon maaf jika ada kesalahan dalam teks ini, Wassalam…


Aziz Prastyo Wibowo

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s